A. PERMINTAAN
1.
Pengertian Permintaan
Menurut
ilmu ekonomi, permintaan adalah berbagai jenis dan jumlah barang dan jasa yang
diminta pembeli pada berbagai kemungkinan harga dalam periode tertentu di pasar.
2.
Hukum Permintaan
Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya
hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang
diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila
harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat. Dengan demikian hukum
permintaan berbunyi:
“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah
barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin
sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”
Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya
hukum permintaan tersebut berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga
tidak berubah (dianggap tetap).
3.
Faktor yang mempengaruhi
permintaan
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
·
Harga barang itu sendiri. Jika harga suatu barang semakin murah, maka permintaan
terhadap barang itu bertambah.
·
Harga barang lain yang terkait. Berpengaruh apabila terdapat 2 barang yang saling terkait
yang keterkaitannya dapat bersifat subtitusi (pengganti) dan bersifat komplemen
(penggenap).
·
Tingkat pendapatan perkapita. Dapat mencerminkan daya beli. Makin tinggi tingkat
pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang
meningkat.
·
Selera atau kebiasaan. Tinggi rendahnya suatu permintaan ditentukan oleh selera atau
kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.
·
Jumlah penduduk. Semakin banyak jumlah penduduk yang mempunyai selera atau
kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu, maka semakin besar permintaan terhadap
barang tersebut.
·
Perkiraan harga di masa mendatang. Bila kita memperkirakan bahwa harga suatu barang akan naik,
adalah lebih baik membeli barang tersebut sekarang, sehingga mendorong orang
untuk membeli lebih banyak saat ini guna menghemat belanja di masa depan.
·
Distribusi pendapatan. Tingkat pendapatan perkapita bisa memberikan kesimpulan yang
salah bila distribusi pendapatan buruk. Jika distribusi pendapatan buruk,
berarti daya beli secara umum melemah, sehingga permintaan terhadap suatu
barang menurun.
·
Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan. Bujukan para penjual untuk membeli barang besar sekali
peranannya dalam mempengaruhi masyarakat. Usaha-usaha promosi kepada pembeli
sering mendorong orang untuk membeli banyak daripada biasanya.
4.
Macam-macam permintaan
1.
Permintaan berdasarkan daya beli konsumen terdiri dari:
·
Permintaan efektif, yaitu permintaan yang disertai dengan
daya beli dan sudah dilaksanakan. Permintaan efektif ini dapat diketahui dari
tinggi rendahnya hasil penjualan barang/jasa.
·
Permintaan potensial, yaitu permintaan yang disertai dengan
kemampuan membeli tetapi belum terjadi transaksi. Misalnya orang-orang kaya
yang menghadiri penawaran suatu produk baru, memiliki kemampuan sekaligus
keinginan untuk memiliki barang yang ditawarkan, tetapi belum melakukan
transaksi pembelian.
·
Permintaan absolut, yaitu permintaan yang tidak didukung
dengan kemampuan membeli. Keadaan ini menunjukkan rendahnya daya beli
masyarakat, tetapi keinginan untuk memiliki barang sangatlah besar.
2.
Permintaan berdasarkan pendapatan riil atau nyata konsumen
terdiri dari:
·
Permintaan Konsumen, yaitu permintaan yang dilakukan oleh
seluruh anggota masyarakat terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya.
·
Permintaan Pengusaha, yaitu berawal dari pengusaha berusaha
memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen.
·
Permintaan Pemerintah, yaitu bertitik tolak dari pemerintah
mengeluarkan belanja untuk kelancaran roda pemerintah sehingga menimbulkan
permintaan pemerintah terhadap barang dan jasa.
·
Permintaan Luar Negeri, yaitu permintaan yang datang dari
konsumen, pengusaha dan pemerintah negara lain sehingga mempengaruhi juga
permintaan dalam negeri.
3.
Permintaan berdasarkan jumlah permintaannya terdiri dari:
·
Permintaan Individual, yaitu permintaan terhadap sejumlah
barang di pasar pada waktu dan harga tertentu yang dilakukan oleh individu
tertentu.
·
Permintaan pasar, yaitu permintaan terhadap suatu barang di
pasar pada waktu dan harg tertentu yang dilakukan oleh sekelompok konsumen
5.
Daftar permintaan dan kurva permintaan
Hubungan
antara permintaan suatu barang dengan berbagai kemungkinan tingkat harga dapat
digambarkan dalam bentuk kurva
·
Fungsi Permintaan
Merupakan
bentuk matematis untuk menggambarkan kurva permintaan merupakan hubungan antara
variabel harga dengan variabel jumlah barang atau jasa. Secara sistematis,
fungsi permintaan tersebut dapat di tulis dalam bentuk:
Q=-aP+b
·
Daftar Permintaan
Daftar permintaan
ialah suatu tabel yang memberi gambaran dalam angka-angka tentang hubungan
antara harga dengan jumlah yang diminta masyarakat. Ia menggambarkan besarnya
permintaan yang ada pada berbagai tingkat harga.
·
Kurva Permintaan
Kurva Permintaan
dapat didefinisikan sebagai : “Suatu kurva yang menggambarkan sifat hubungan
anta ra harga suatu barang tertentu dengan jumlah barang tersebut yang diminta
para pembeli.” Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari
kiri ke kanan bawah. Kurva yang demikian disebabkan oleh sifat hubungan antara
harga dan jumlah yang diminta yang mempunyai sifat hubungan terbalik.
B. PENAWARAN
A. PENGERTIAN PENAWARAN
Penawaran adalah jumlah barang dan
jasa yang tersedia untuk dijual pada berbagai tingkat harga dan situasi
B.
HUKUM PENAWARAN
Hukum penawaran pada dasarnya mengatakan bahwa:
“Semakin tinggi harga suatu barang, semakin banyak jumlah
barang tersebut akan ditawarkan oleh para penjual. Sebaliknya, makin rendah
harga suatu barang, semakin sedikit jumlah barang tersebut yang ditawarkan.”
C. Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
a.
Biaya produksi
b.
Teknologi
c.
Harga barang lain
d.
Tujuan perusahaan
e.
Jumlah produsen
f.
Pajak
g.
Kebijakan pemerintah
D. Daftar
penawaran dan Kurva Penawaran
Hubungan
antara penawaran suatu barang dengan berbagai tingkat harga dapat digambarkan
dalam bentuk kurva.
·
Fungsi Penawaran
Merupakan bentuk matematis untuk menyusun daftar penawaran
pada berbagai kemungkinan tingkat harga. bentuk umum fungsi penawaran sebagai
berikut.
Q=aP-P
·
Daftar Penawaran
Daftar penawaran yang gambaran yang
menunjukan jumlah penawaran pada berbagai tingkat harga.
·
Kurva Penawaran
Kurva penawaran dapat didefinisikan sebagai
:
1. Yaitu suatu kurva
yang menunjukkan hubungan diantara harga suatu barang tertentu dengan jumlah
barang tersebut yang ditawarkan.
2. Kalau penawaran
bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke
kiri atas.
3. Kalau berkurang
kurva supply bergeser ke kiri atas.
4. Terbentuknya harga
pasar ditentukan oleh mekanisme pasar
0 komentar:
Posting Komentar